Giring-giring perak

giring2perak1.jpg


Bagi anda pencinta serial silat maka akan lebih menarik jika anda membaca karangan Makmur Hendrik ini. (by maota).

Giring-giring sendiri adalah sejenis tumbuhan dari famili Leguminosae. Di Minang atau Sumatera Barat umumnya disebut sebagai kacang kayu.

GIRING-GIRING PERAK

by Makmur Hendrik

GIRING-GIRING PERAK ini novel namun beberapa fakta coba diungkapkan di dalam-nya. Antara lain adalah tentang kekejaman Kompeni, tentang kebangkitan orang-orang Minangkabau melawan penjajahan. Sayangnya perlawanan itu tidak terkoordinir. Karena orang-orang Minang sendiri terpecah dalam puluhan puak yang sating bermusuhan demi kepentingan masing-masing. Dengan demikian, Belanda dengan mudah meng-hancurkan perlawanan yang datangnya dari kelom-pok-kelompok kecil itu.
Kemudian juga tentang kekejaman para perampok di Bukit Tambun Tulang. Bahwa di sana suatu saat dahulu mereka menjadikan bukit itu sebagai suatu kerajaan hukum rimba yang menakutkan. Namun betapapun jahatnya mereka, jauh di dalam hatinya, mereka ternyata juga anti pada penjajah!
Bukit Tambun Tulang dalam cerita ini adalah yang terletak antara Pariaman dan Padang Panjang. Sebab dalam legende Minangkabau ada beberapa buah yang bernama Bukit Tambun Tulang.
Di Bukit itu, nyawa anjing lebih berharga ketimbang nyawa manusia. Dan dalam cerita ini barangkali dapat diketahui sedikit tentang aliran dan asal usul pencaksilat di Minangkabau. Semua nya ditulis dari bahan-bahan dokumentasi/kepustakaan yang jauh dari memadai.
Sudah tentu saya dengan lapang dada akan menerima tiap tegur sapa jika terdapat kekurangan dan kejanggalan.

Go to www.cimbuak.net

 

6 Responses to “Giring-giring perak”

  1. Azwarman Says:

    Abang Makmur Hendrik..
    Pada medio tahun 1989 Saya pernah mejadi Murid perguruan Empat Banding Budi.
    Dan pada saat itu saya punya Novel:Tikam Samurai (sibungsu) dan juga Giring-giring Perak,
    Namun karena kami sering pindah rumah (Bapak saya seorang Prajurit) ,maka semua novel tsb sdh tidak komplet lagi , dan tersebar di beberapa kota ..yg pernah kami tinggal karena sering dipinjam teman.
    Saya berharap jika Abang Makmur punya informasi ,..
    Kemanakah saya harus membeli Kedua Novel tsb secara lengkap..karena di jakarta tidak pernah saya temukan (skrg saya tinggal dijakarta), meraka katakan ..dulu mereka pernah jual..tapi sekarng sdh tidak lagi..dari penerbitnya..

    Nb; Saya berharap bisa hunbungi secara email. atau phone.

    Wassalam
    Han Azwarman Tanjung

  2. yanto Says:

    Bang Makmur Hendrik… saya ingin memiliki koleksi cerita silat yang pernah abg tulis terutama untuk serial tikam samurai dan giring2 perak… dapat saya peroleh dimana ya bang (ditoko mana atau dipercetakan mana dapat saya peroleh)…. Makasih terlebih dulu atas informasinya

  3. armond Says:

    assalamualaikum..
    sabalum nyo ambo minta maaf
    sabana nyo ambo ingin batanyo tetang novel tikam samurai
    kaba nyo carito nyo balatar balakang nagari minang kabau
    apo dusanak ado soft copy nyo atau buku nyo.
    kalau buliah biah ambo ganti kopian nyo atau soft copy nyo.
    sabalum nyo ambo ucapkan tarimo kasih.

    wassalam

    armond

  4. Iskandar Says:

    Berbulan-bulan saya berkeliling dari satu toko buku ke toko buku lainnya. Dari satu toko loak ke toko loak lainnya. Di Padang, di Bukittinggi seluruh toko buku maupun toko buku loakan, saya acak satu persatu setiap kali ada kesempatan. Perjuangan untuk mendapatkan buku novel Tikam Samurai memang luar biasa sulit. Wajar, karena buku tsb sudah lama sekali diterbitkan. Jerih payah saya tidak sia-sia. Secara kebetulan saya menemukan novel ini lengkap, kecuali jilid 10, saat main dirumah seorang teman. Celakanya, ybs juga sangat menyukai novel tsb. Berbagai usaha saya lakukan untuk mendapatkan novel itu. Saya bayar mahal, dia tidak mau. Saya sampai putus asa dan hampir melupakan saja keinginan saya. Tapi akhirnya saya berhasil mendapatkan novel-novel itu. Dengan barter seekor burung beo yang sudah mahir bicara. Meski sangat berat hati melepas beo kesayangan yang sudah bertahun menemani saya, dan juga pernah ditawar orang dengan harga tinggi, saya tidak menyesal. Novel Tikam Samurai yang sudah lama saya idam2kan, sekarang menjadi koleksi saya yang baru. Kini saya tinggal mencari jilid 10 saja….

    Berminat mendapatkan copynya???
    Silahkan kontak (just SMS) 0751-770-3636

  5. azman Says:

    Pak iskandar…novel tsb sdh diterbitkan ulang…coba hubungi pak SOni di nohp 081365639801

  6. edi zonal Says:

    Aww.. Saya mohon informasi, dimana bisa dapatkan novel TIKAM SAMURAI dan GIRING-GIRING PERAK lengkap. terima kasih

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

